rss

Minggu, 23 November 2008

Google Undang Pengguna Ubah Hasil Pencarian


Wicak Hidayat - detikinet
Jakarta - Google mempersilakan penggunanya mengubah hasil pencarian sesuai keinginan. Mau menaikkan peringkat atau menghapus hasil pencarian pun bisa.

Hal itu bisa dilakukan melalui fitur bernama SearchWiki. Fitur mengubah hasil pencarian ini bisa diakses oleh pengguna yang memiliki account di Google. Namun, belum semua pengguna bisa menikmati layanan yang sedang ditebarkan secara bertahap ini.


Lewat Google SearchWiki, pengguna bisa memberikan suaranya (vote) pada hasil pencarian. Sebuah hasil pencarian bisa dinaikkan atau diturunkan sesuai selera pengguna.

Namun hasil naik dan turun itu hanya berlaku bagi pencarian yang dilakukan pengguna itu sendiri. Sedangkan bagi pengguna lain, Google hanya menunjukkan berapa banyak penggunanya yang telah memberi nilai pada suatu hasil pencarian.

Selain mengubah urutan hasil pencarian, Google SearchWiki juga memberi kesempatan pengguna untuk berkomentar terhadap suatu alamat web pada hasil pencarian. Dan tentunya, kegunaan lain adalah menghapus hasil pencarian yang dirasa tidak relevan ataupun menambahkan alamat yang belum tercantum dalam hasil pencarian asli.

Untuk setiap pencarian dengan kata kunci tertentu Google akan memberikan link bernama SearchWiki Notes. Halaman ini berisi hasil pencarian dari kata kunci tersebut yang telah dikomentari oleh pengguna lain.

Danny Sullivan dari Search Engine Land, yang dikutip detikINET, Senin (24/11/2008), berpendapat orang semakin lama akan semakin banyak yang mengakses halaman Notes tersebut. "Jadi jika halaman web Anda tak muncul di hasil pencarian biasa, (Notes) adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan kunjungan," tuturnya.
( wsh / wsh )

0 komentar:


Posting Komentar

Ingin Berlangganan Artikel Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tukeran Link Yuk...



Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Blog Taufiq Amar

tinggalkan pesan yach

 

Google Follow

Banner Sahabat

Artikel - Info - Tips & Trik - Music - Bisnis - Download

berpikir positif

banner angingmammiri

Create your own banner at mybannermaker.com!




Tips & Trik belajar nge-blog